Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Sukses di Usia Muda Menurut Islam

Foto ilustra sukses muda (okezone)
Sukses di usia muda menurut Islam ini bisa kita terapkan dalam kehidupan. Cara sukses diusia muda ini sifatnya umum.

Apapun profesi kita, mau pengusaha, petani, PNS, pegawai swasta kita harus mampu menaikkan taraf hidup dari hari ke hari dengan berbagai kelebihan yang kita miliki. Namun, ingat semua itu dibatasi dengan hak orang lain.

Nah ada 6 filosofi hidup sukses yang mungkin baik untuk kita kaji kembali, sebagaimana sewajarnya menurut ajaran islam. Berikut cara sukses di usia Muda menurut Islam

1. Selalu Berdoa

Hal yang lumrah dalam segala hal islam mengajarkan umatnya untuk terus berdoa. Dan yang utama doa terpanjat adalah di lima waktu yang ada pada sholat.

2. Berbagi dengan Orang Fakir

Istilah umunya adalah sedekah, jangan sungkan untuk membagikan kepada kaum fakir karena banyak orang telah membuktikan keajaiban rezki jika kita sering bersedekh.

3. Jadilah Baik Tanpa Menjelekkan

Menjelekkan orang lain termasuk hal yang tidak dianjurkan oleh islam (Ghibah). Kita boleh saja menjadi baik atau dipandang baik di atasan, sahabat dan keluarga tapi kita harus menjadi gambaran yang sebenarnya. Jangan berlindung di balik topeng kebaikan, sehingga kebaikan kita abadi.

Mengingat ada sebagian orang yang menjadi baik tapi dengan cara yang salah. Misalnya baik tapi dengan menjelekkan orang lain. Tuman! Ini adalah sifat berbahaya dan harus dihindari.

4. Maju Tanpa Menyingkirkan

Tentu kita tahu bagaimana kondisi persaingan yang ketat. Tapi percayalah juaranya adalah orang mampu maju tapi tidak dengan menyingkirkan pesaing.

Pernah dengar pepatah arab "sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya" bukan malah sebaliknya menimbulkan mudharat bagi manusia lainnya.

5. Jadilah Benar Tanpa Menyalahkan

Ada kalanya untuk menjadi benar kita menyalahkan orang lain. Sebenarnya tidak perlu menyalahkan atau membawa-bawa kesalahan orang lain, hanya untuk menunjukkan kalau kita benar.

Cukup membenarkan kesalahan itu dan kebenaran dengan sendirinya akan muncul dan itu dibenarkan. Sehingga anda adalah benar-benar orang yang benar dan teguh memegang kebenaran.

6. Naiklah Tanpa Menjatuhkan

Sejatinya kondisi dimana seseorang bisa naik tapi dengan menjatuhkan orang lain sering tergambar dalam dunia film atau sinetron tanah air.

Tetapi percaya tidak percaya hal ini kadang ada juga di dunia realita. Kendati demikian, sebagai orang yang memegang teguh nilai kebenaran kita tidak perlu khawatir ada banyak orang baik yang mampu naik tanpa menjatuhkan